728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 02 April 2018

KUALITAS DAN VISI HIDUPMU BISA DILIHAT DARI DO'AMU LHO BRO!!

Saung Muslim | 19.34 |

Bro… Sist…. Ternyata kualitas diri dan visi hidup itu bisa dilihat dari cara berdoa kita lho…. Percaya tidak? Terus buktinya apa? Nahh…. Coba kamu buka al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat: 200 – 201 ya….

فَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاَقٍ, وِمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Maka di antara manusia ada orang yang berdo'a: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat (200). Dan di antara mereka ada orang yang bendo'a: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka" . (201).

Secara sederhana dari ayat itu kita bisa memahami , ada model manusia yang hidupnya itu yang difikirkan hanya urusan duniaaa melulu…. Sejak bangun tidur sampai tidur lagi yang dia fikir itu saja; mobil, rumah mewah, pangkat yang tinggi, ladang yang luas, tanah yang subur, istri cantik, uang bejibun, punya kereta, punya pesawat dan seterusnya , dan seterusnya. Bahkan mimpinya pun kadang itu-itu juga…. Nah… karena fikiran itu sudah sangat melekat dalam dirinya, sampai doa-doanya pun biasanya hanya urusan duniaaaa saja, tanpa sedikitpun minta urusan akherat. Contohnya gini nih model doanya:

“Ya Allah semoga tahun ini aku bisa beli mobil, bisa beli rumah, bisa nambah istri (Hee), dst, dst…. “ (tanpa sedikitpun berdoa urusan akhirat).

Terus gimana kalau begitu? Maka dalam ayat itu bisa jadi Allah tetap akan mengabulkan doanya, tetapi ingat! Baca lagi tuh sambungan ayatnya: “…. dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.” .

Nah…. Bisa jadi terkabul permintaannya untuk kehidupan dunia ini, tapi nanti di akherat tidak dapat apa-apa alias ZONK!!!

Tapi ada juga tuh, model doanya orang yang beriman. Maka, mereka minta pada Allah untuk diberi kebaikan baik di dunia maupun akherat. Kalau dalam ayat Al-Baqarah ayat 201 diatas itu doanya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

Model doa orang yang seperti ini muncul dari visi hidupnya yang mengutamakan kehidupan akhirat, tapi tidak melupakan hajat hidupnya di dunia…. Kebaikan dunia dalam doa itu banyak banget lho.. bisa jadi: kesehatan, umur panjang, rumah layak, rizki lapang, kendaraan yang nyaman dinaikin, dan terpenuhinnya seluruh hajat di dunia, mantab kan?

Sedangkan kebaikan di akherat itu maknanya:

Pertama, diberi berbagai kenikmatan akherat. Tentu saja yang dimaksud kenikmatan di akherat itu adalah dimasukkan ke dalam surga. Uhuyy.... 😋😍

Kedua, dibebaskan dari berbagai kesulitan di akherat…. Nah, apa itu kesulitan di akherat? Banyak buanget lho bro… Apa saja ya kira-kira?

Maka kesulitan pertama yang dihadapi manusia akherat ialah ketika berada di padang mahsyar tuh… Kenapa bisa begitu? Karena setelah bumi dan alam semesta hancur, manusia sejak pertama kali diciptakan (zaman Adam) sampai yang terakhir kali diciptakan dibangkitkan dan dikumpulkan, kemudian matahari didekatkan di atas kepala kita… dahsyat gak tuh? Matahari yang sekarang jaraknya super jauh aja panasnya minta ampun… maka saat itulah kita butuh dibebaskan dari kesulitan mahsyar. Makanya kita butuh syafaat dari Allah lewat nabi kita Muhammad. Beliaulah yang nantinya memohonkan kita keringanan dan kemudahan di sana.

Lalu dimana lagi kesulitan manusia di akherat?

Kesulitan dan kesusahan lainnnya ialah saat ditimbang amal perbuatan kita selama hidup di dunia, maka saat itu kita galau berat tuh… sebelum kita yakin timbangan kebaikan kita lebih berat dari kejelekan kita atau tidak.

Lalu kesulitan kita berikutnya ialah ketika buku catatan amal kita diberikan, kita pun tambah galau super berat, sebelum kita yakin kita bisa menerima catatan amal dengan tangan kanan atau tangan kiri kita. Kenapa demikian? Karena kalau menerima catatan amal dengan tangan kanan kita akan masuk surga yang indah dan nikmatnya tak terbayangkan itu. Sebaliknya kalau menerima catatan amal dari tangan kiri, maka mampus dahhh… dilempar ke neraka. Gosong.. gosong deh..😨

Trus berikutnya dimana lagi kita akan alami kesulitan? Yaitu ketika kita lewat jembatan sirathal mustakim… jembatan yang berada di atas neraka yang apinya bergejolak… bayangkan tuh kalau nyemplung… ? Nginjak rokok tanpa sandal saja sudah kalang kabut. Ngeri kan…?

Itu tuh, beberapa contoh kesulitan di akherat.. Belum lagi nanti kalau orang terpaksa masuk neraka, ia butuh keringanan dalam menjalani siksanya… Nauzubillahi min dzalik..🙈

Nah… makanya kalau doa yang komplit. Minta kebaikan di dunia dan akherat, dan dijauhkan dari adzab api neraka… jangan hanya dunia aja dipikirin… Makanya tidak mengherankan, doa ini yang paling banyak diamalkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Wallahu a’lam bishawab

_____________
Reference of Picture: http://voqonline.com/blog/2015/11/

Beberapa judul artikel dibawah ini mungkin akan dapat melengkapi informasi yang Anda butuhkan. Untuk menyebarkan informasi bermanfaat ini, Anda dapat share ke beberapa media sosial dengan klik pada icon media sosial yang kami sertakan pada bagian bawah. Anda juga dapat meng-copy artikel ini dengan menyertakan link dari artikel ini



Next
This is the most recent post.
Posting Lama
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: KUALITAS DAN VISI HIDUPMU BISA DILIHAT DARI DO'AMU LHO BRO!! Rating: 5 Reviewed By: Saung Muslim